Header Ads

Suka Memesan Makan Siang Dengan Wadah Styrofoam? Ini Bahayanya



Suka Memesan Makan Siang Dengan Wadah Styrofoam? Ini Bahayanya

http://www.papa4d2.com/ref.php?ref=vivi93


Berita Online 24 Jam-Banyak dari kita yang malas untuk pergi ke kantin atau mencari makan di luar kantor saaat jam istirahat sehingga akhirnya memilih untuk memesan makanan secara online. Memang, hal ini sangat praktis dan memudahkan karena kita hanya tinggal mengkonsumsi makanan yang sudah diantar. Sayangnya, kebanyakan makanan yang masih dalam kondisi panas ini ditempatkan dalam wadah styrofoam, wadah yang dikenal luas menjadi penyebab kanker.

Pakar kesehatan dr. Wim Panggarbesi, SPB (K) Onk, dari RS Mitra Keluarga Bekasi menyebutkan bahwa jika bahan Styrofoam ini bertemu dengan makanan yang panas, maka kandungan kimia wadah ini akan terurai dan akhirnya tercampur dengan makanan. Padahal, kandungan kimia ini bisa merusak gen dan pada akhirnya bisa menjadi pemicu kanker. Tak hanya meningkatkan resiko kanker payudara, penggunaan wadah styrofoam ini juga bisa menyebabkan kanker darah mengingat kandungan kimianya bisa menyerang bagian yang cepat membelah diri layaknya pada sumsum tulang.

Dr. Wim sendiri menyarankan kita untuk menggunakan wadah lain yang lebih aman bagi makanan. Andai kita ingin menggunakan wadah styrofoam, ada baiknya kita hanya menggunakan wadah ini sebagai tempat makanan dengan suhu yang netral atau yang cenderung dingin.
BPOM sendiri menyebutkan jika wadah makanan styrofoam yang berupa lunch box, kotak segi empat, mangkok, gelas, wadah mie instan, hingga piring ini masih banyak beredar di Indonesia dan kebanyakan dari mereka telah melalui pengujian dan dinyatakan telah lulus dari semua persyaratan. Hanya saja, BPOM juga tidak merekomendasikan wadah ini digunakan untuk makanan yang masih dalam kondisi yang panas atau memiliki kadar minyak yang sangat tinggi. Selain itu, bukannya digunakan secara langsung menempel dengan makanan, ada baiknya wadah ini dilapisi oleh kertas minyak atau plastik khusus bahan makanan.

Tidak ada komentar